INFORMASI PENTING

Silahkan Download

  1. FROM ISIAN SISWA KELAS X TP.2018/2019
  2. PENERIMAAN SISWA BARU TP 2018/2019
  3. PENGUMUMAN KELULUSAN TAHUN 2018
  4. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018
  5. Contoh Penulisan Nomor Ijazah 2017
  6. Juknis KSM 2017
  7. Juknis AKSIOMA 2017
  8. JUKNIS PENULISAN IJAZAH 2017
  9. Juknis AKSIOMA 2017
  10. Juknis KSM 2017
  11. Juknis LKTI 2017
  12. Jadwal UNPK UAMBN USBN dan US Th 2017
  13. POS UAMBN-KISI2 SOAL- MA IPA/IPS/BAHASA Th 2017
  14. POS UAMBN-KISI2 SOAL- MA KEAGAMAAN Th 2017
  15. POS UAMBN DAN KISI2 SOAL UNTUK MTS Th 2017
  16. POS UN SMA tahun 2017 Final
  17. Kisi-kisi UN SMA 2017
  18. SK USBN tahun 2017 BSNP
  19. Permen 3 tahun 2017 USBN
  20. Kisi-kisi USBN SMA/MA Permapel Kurikulum KTSP
  21. Kisi-kisi USBN SMA/MA Permapel Kurikulum 2013
  22. Undangan Upacara Untuk MA Swasta
  23. Undangan Upacara Untuk MA Negeri
  24. JADWAL_EHBS GENAP-MA_K-13 1617
  25. JADWAL_EHBS GENAP-MA_KTSP 1617
  26. li>Rekap Penetapan Hasil Akreditasi MA
  27. Surat Penetapan Hasil Akreditasi MA
  28. Instrumen Monev. BOS SMA dan SMK APBN-1
  29. Kalender Pendidikan PDF
  30. Kalender Pendidikan exel
  31. Edaran Diknas PLS 2016
  32. SK Waslang dari Diknas
  33. Lampiran SK Waslang dari Diknas
  34. Jadwal UN 2016
  35. Jadwal US/UM 2016
  36. Jadwal UAMBN 2016
  37. Keputusan Dirjen No 7322 (Ttg POS UAMBN)
  38. Lampiran I POS UAMBN 2016
  39. Lamp. II (SK Dirjen Pendis No. 7322 Thn 2016 TTg POS UAMBN)
  40. Kisi-kisi Praktik USBNMA 2016
  41. Surat Edaran UNBK
  42. PMA No. 90 Th 2013 Ttg Penyelenggaraan Pend. Madrasah
  43. Jadwal UN dan US TP 2015/2016
  44. APLIKASI ENTRI DATA PESERTA UN MA TAHUN 2016
  45. APLIKASI ENTRI DATA UN MA 2015
  46. DATA POKOK UNTUK MA
  47. Soal Listening II 2014
  48. PENGUMUMAN CPNS K2
  49. ID dan Pasword SPAN-PTAIN
  50. IMPUT NILAI SNMPTN
  51. Aplikasi ADP Th.2014
  52. Perangkat UN 2014
  53. Animasi Pembelajaran Kimia
  54. Jadwal EHB Ganjil TP.2013/2014
  55. INFORMASI TERBARU K1 - K2
  56. Penerimaan CPNS Kemenag RI Th.2013
  57. CPNS Dosen PAI
  58. Panduan BOS MA 2013
  59. Nama Barang dan Harga Lab.IPA MA
  60. Proposal BOS APBD Tahun 2013
  61. RAPBM Dana BOS Juli-Des 2013

Sabtu, Agustus 06, 2022

MAN 1 Menim Terapkan Menghafal Qur'an Pada Tiap Generasi

Muara Enimm, Inmas

Al-Qur’an terdapat pada gaya bahasa dan petunjuk serta anugerah yang diberikannya terus berkelanjutan. Al-Qur’an bukanlah kalam manusia, malaikat, jin maupun iblis melainkan kalam Allah SWT sehingga bernilai mukjizat. Ia diturunkan kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril; diriwayatkan secara mutawatir dan bernilai ibadah bagi yang membacanya.Salah satu usaha nyata dalam proses pemeliharaan Al-Qur’an adalah dengan menghafalnya pada setiap generasi, sebab di antara keistimewaan Al-Qur’an adalah Ia merupakan kitab yang dijelaskan dan dimudahkan untuk dihafal.

Selain itu, Al-Qur’an sebagai kitab bagi kaum muslimin menempati posisi penting, yaitu Al-Qur’an sebagai manhajul hayati (pedoman hidup) bagi seluruh manusia tanpa terkecuali,sebagai ruh bagi orang-orang yang beriman, sebagai az-zikir (peringatan) dan juga sebagai sumber ilmu pengetahuan. Ada sebagian pembelajaran yang mengkritik kegiatan menghafal Al-Qur’an yang dilakukan pada saat kanak-kanak karena menurut mereka,

"Ada sebagian pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang dilakukan pada saat siswa saat menghafal Al-Qur’an haruslah dengan pemahaman. Manusia seharusnya menghafal apa yang ia pahami. Namun, kaidah ini tidak dapat diaplikasikan bagi Al-Qur'an karena tidak masalah seorang siswa menghafal A-lQur'an untuk kemudian memahaminya disinilah peran guru sangat dibutuhkan", jelas Sabhan pembina Tahfidz saat dikonfirmasi tim jurnalis remaja madrasah.

"Sebagai guru kita akan dituntut memiliki media yang tepat untuk mengajarkan hafalan pada anak usia dini. Dengan memanfaatkan potensi daya ingat siswa yang masih bagus, guru dapat menerapkan beberapa metode menghafal AlQur’an pada anak usia remaja ini.Mengingat perkembangan daya ingatan siswa akan terus mencapai intensitas terbaik saat mereka dewasa. Pada saat ini, daya menghafalsiswa dapat memuat banyak materi, sehingga dapat dikatakan bahwa daya ingat siswa saat ini sangat penting untuk dioptimalkan", imbuh Sabhan. (Kmd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pencarian

IP